Tempat Resep Masakan

Rabu, 24 Desember 2014

Cara Membuat Es Kristal Taro Segar

Cara Membuat Es Kristal Taro Segar - Es kristal taro merupakan jenis es dengan bahan talas ungu serta campuran aneka bahan lainnya seperti tepung terigu. Kalo bunda baru pertama kali mendengar es kristal taro ini saya sarankan untuk mencobanya agar bisa cerita ke bunda yang lain mengenai resep ini. Es kristal taro disukai oleh semua kalangan usia karena rasanya yang manis dan segar cocok untuk menghilangkan dahaga.


Kalau bunda di rumah mungkin sulit untuk menjumpai es kristal taro ini, bisa membuatnya sendiri di rumah kok bun. Cara membuatnya sangat lah simple seperti es lainnya. Kalau bunda nggak percaya, liat dulu bahan apa saja yang digunakan dibawah ini, trus bunda belanja bahan-bahannya dan langsung cuuss membuatnya di dapur. Untuk lebih jelasnya dan menyingkat waktu, langsung aja yuuk bun kita simak resep es kristal taro.

Resep Membuat Es Kristal Taro

Bahan:
Talas ungu 200 gram, direbus kemudian potong dadu kecil
Pewarna ungu 2 sendok makan
Tepung kanji 6 sendok makan

Bahan kuah:
Santan 200 ml
Gula pasir 6 sendok makan
Vanilli bubuk 1 sendok teh
Garam 1 sendok teh
Susu bubuk full cream 8 sendok makan, larutkan dengan 300 ml air

Bahan pelengkap:
Es batu, serut kasar
Susu kental manis 8 sendok makan

Cara Membuat Es Kristal Taro

  1. Pertama lumuri potongan talas dengan pewarna ungu sampai rata semuanya.
  2. Kemudian gulingkan potongan talas diatas tepung kanji sampai rata.
  3. Setelah itu siapkan panci berisi air untuk merebus potongan talas, rebus sampai talas mengapung kemudian angkat dan tiriskan.
  4. Setelah itu masukkan dalam lemari es sampai dingin.
  5. Untuk membuat bahan kuahnya rebus santan, gula, vanilli, serta garam sampai mendidih. Jika sudah mendidih angkat dan aduk sampai hangat.
  6. Setelah itu masukkan susu full cream kemudian aduk lagi hingga rata.
  7. Setelah itu siapkan gelas atau mangkok saji, letakkan potongan talas dari lemari es tadi, es serut, siram kuah santan tadi dan jangan lupa tambahkan susu kental manis.
  8. Es kristal taro siap untuk disajikan.

Tuh kan bun simple banget cara membuatnya? Oh ya alangkah lebih baiknya bunda membuat sendiri di rumah untuk keluarga, tidak sembarangan membeli di luaran sana. Karena pewarna yang digunakan diluaran sana biasanya tidak menggunakan pewarnaa makanan sehingga membahayakan jika sampai masuk kedalam perut. Oleh karena itu lebih baik bunda menyajikannya sendiri di rumah.

Cara Membuat Es Kristal Taro Segar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown