Tempat Resep Masakan

Senin, 22 Desember 2014

Cara Membuat Nasi Tim Ayam Kacang Merah Mudah

Cara Membuat Nasi Tim Ayam Kacang Merah Mudah - Nasi tim merupakan jenis masakan tionghoa yaitu berupa basi dan ayam yang sudah dibumbui kemudian dikukus. Dalam membuat nasi tim ini biasanya ada beberapa macam varan daging yang diguanakan sehingga tidak hanya daging ayam. Beberapa daging lainnya misalnya seperti ikan, daging sapi, dan lain sebagainya. Cara membuatnya sendiri tidak begitu sulit, mudah bagi anda yang meskipun pemula dalam memasak didapur.


Bunda bisa menyajikan nasi tim ayam kacang merah ini untuk sarapan atau makan malam. Kalau saya lebih suka menyajikannya ketika anak-anak akan pergi ke sekolah sebagai bekal. Yang akan berbeda dengan lainnya, kali ini Sarah Quin akan berbagi resep nasi tim ayam namun juga dengan kacang merah. Kacang merah ini sendiri banyak mengandung khasiat bagi tubuh jika dikonsumsi, apalagi buat si kecil sangatlah bagus jika mengkonsumsi bahan makanan yang banyak mengandung asupan gizi dan vitamin.

Resep Membuat Nasi Tim Ayam Kacang

Bahan:
  • Beras 200 gram, cuci bersih
  • Air 300 ml
  • Daging ayam 125 gram, potong dadu
  • Kacang merah kering 25 gram, rendam semalam, kukus sampai lunak
  • Bawang putih 1 siung, cincang halus
  • Minyak wijen 1 sendok makan
  • Kecap manis 1 sendok makan
  • Kecap asin 1/2 sendok teh
  • Merica bubuk 1/8 sendok teh
  • Gula pasir 1/8 sendok teh
  • Minyak untuk menumis

Cara Membuat Nasi Tim Ayam Kacang Merah

  1. Panaskan minyak goreng dalam wajan kemudian tumis bawang putih sampai baunya harum.
  2. Setelah itu tambahkan daging ayam aduk sampai warnanya berubah.
  3. Kemudian setelah itu tambahkan dengan kacang merah, minyak wijen, kecap manis, kecap asin, merica bubuk, serta gula pasir. Aduk sampai semua bumbu rata. Dan masak sampai bubu meresap angkat lalu sisihkan.
  4. Selanjutnya masak beras yang sudah dicuci dengan air sampai menjadi setengan matang.
  5. Lalu masukkan sekitar 3 sendok makan tumisan ayam tadi kedalam mangkuk tahan panas, kemudian tambahkan nasi aron sampai mangkok terisi penuh dan padat.
  6. Lakukan sampai semua nasi dan tumisan ayam habis.
  7. Setelah itu kukus dalam panci pengukus sampai benar-benar matang atau tunggu sekitar 1/2 jam.
  8. Jika sudah matang angkat kemudian letakkan dalam piring saji bisa dihidangkan dengan saus sambal, saus tomat, maupun saus kacang.
Baca juga:

Nasi tim ayam kacang merah siap untuk disajikan.. Kalau bunda ingin selalu menikmati nasi tim ini dalam keadaan hangat bisa ditaruh pada panci pengukus supaya selalu hangat jika sewaktu-waktu ingin menikmatinya. Cukup sekian dulu yaa bun resep dari saya, sampai jumpa dengan resep nikmat lainnya.

Cara Membuat Nasi Tim Ayam Kacang Merah Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown