Tempat Resep Masakan

Sabtu, 20 Desember 2014

Resep Membuat Bandeng Bumbu Bali

Resep Membuat Bandeng Bumbu Bali - Bandeng adalah salah satu jenis ikan yang enak diolah menjadi beberapa macam masakan, salah satunya adalah bandeng bumbu bali. Bandeng dengan olahan bumbu bali ini banyak dicari oleh pecinta kuliner nusantara, khususnya mereka yang sangat suka dengan ikan bandeng. Ikan bandeng bisa dibilanng ikan yang banyak dagingnya, sehingga tak jarang ikan jenis ini dibuat menjadi bandeng presto.


Bandeng bumbu bali bisa kita temui di berbagi restoran yang tersebar diseluruh penjuru nusantara. Namun jika bunda ingin hemat di kantong, saya punya solusinya. Ya, dengan membuat resep ini sendiri di rumah bunda akan lebih menghemat kantong, dan tentunya bisa lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatannya. Kalau bunda udah penasaran pengen tau gimana cara bikinnya, berikut saya akan berbagi resepnya kepada bunda.

Resep Membuat Bandeng Bumbu Bali

Bahan:
  • Ikan bandeng 2 kg
  • Air 200 ml
  • Air jeruk nipis 8 sendok makan
  • Kecap manis 6 sendok makan
  • Daun jeruk 4 lembar
  • Penyedap rasa 2 bungkus
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Minyak untuk menumis

Cara Membuat Bandeng Bumbu Bali

  1. Pertama bersihkan ikan bandeng potong menjadi beberapa bagian kemudian lumuri dengan bumbu yang digunakan untuk menggoreng ikan dan diamkan beberapa menit.
  2. Kemudian panaskan minyak goreng lalu goreng ikan bandeng yang sudah dibumbui sampai matang dan berwarna kuning keemasan, angkat kemudian sisihkan.
  3. Setelah itu panaskan lagi minyak untuk menumis bahan yang dihaluskan bersama dengan daun jeruk sampai aromanya harum.
  4. Kemudian tambahkan gula, kecap manis, penyedap rasa serta air kemudian aduk rata. Masak sampai kuahnya menjadi kental.
  5. Jika kuah sudah agak kental selanjutnya masukkan ikan bandeng yang sudah digoreng tadi masak sebentar sampai bumbu meresap kedalam ikan.
  6. Jangan lupa cicipi dahulu, jika rasanya sudah pas angkat kemudian sajikan.

Akhirnya bandeng bumbu bali siap untuk disantap nih bun.. Bumbu balinya yang meresap sampai kedalam ikan sangat pas digunakan lauk makan nasi. Apalagi jika masih tersisa sedikit kuahnya yang kental, hmmmmm makin manteb deh bun pokonya. Bisa bunda sajikan pada siang hari untuk menu makan siang. Jangan lupa cobain yaa bun, buat nambah-nambah menu masakan biar nggak bosen.

Resep Membuat Bandeng Bumbu Bali Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown