Tempat Resep Masakan

Jumat, 20 Maret 2015

Resep Ayam Bakar Bacem Gurih dan Sedap

Resep Ayam  Bakar Bacem Gurih dan Sedap - Buat sebagian besar orang masakan atau olahan yang berbahan dasar ayam pasti sudah familiar dan tidak asing lagi ditelinga, apalagi buat anak-anak pasti suka banget yang namanya dengan ayam entah itu ayam goreng, ayam bakar, ataupun yang lainnya. Nah, inilah bunda variasi baru dari masakan yang berbahan dasar dari ayam yaitu ayam bakar bacem, namun sebagian besar orang khususnya masyarakat yang tinggal diluar pulau jawa pasti belum pernah makan atau dengar makanan yang satu ini. Makanan ini merupakan khas kota Yogjakarta asli lho bun yang sudah ada sejak dulu, dan juga makanan khas ini tetap terjaga dan terpelihara sampai sekarang mungkin karena rasanya yang nikmat dan cocok buat lidah orang jawa dan sekitarnya, jadi ya pantas lah kalau makanan khas dari Yogja ini tetap ekses ditengah beredarnya makanan  cepat saji (fastfood) yang marak di Indonesia.
 

Ayam  bakar bacem ini bercita rasa yang khas bunda, karena perpaduan antara manis gurih dan pedas, akan tetapi bagi yang tidak suka makanan manis jangan kawatir, rasanya tidaklah seperti gudeg yang dari Yogja kok walaupun masakan ini sama-sama khas kota pelajar alias Yogja. Dalam ayam bakar bacem ini bumbu yang digunakan lebih bervarian jadi rasanyapun lebih khas daripada kuliner lainnya sejenis, seperti halnya jinten, ketubar, lengkuas, asam jawa dan lain-lainya. Penggunaan berbagai bahan dan bumbu yang lumayan banyak inilah yang menjadikan makanan ini lebih khas. Makanan inipun sudah hampir susah dijumpai ataupun ditemukan  bahkan sekarang sudah tidak ada lagi di kota maupun daerah sekitar kota Yogja. Untuk itu bagi bunda ataupun sanak saudara yang pengen makan ayam bacem, tidak perlu bersusah payah pergi ke jauh-jauh terbang ke Yogja. Karena disini saya akan membagi resep ayam bacem buat bunda dirumah.

Resep Ayam Bacem

Bahan:
  •  2 kg ayam kampung yang sudah dipotong menurut selera 
  •  2 liter air
  • 4 batang serai
  • 6 lembar daun salam
  • 2 sendok makan gula merah
  •  4 ruas lengkuas yang di geprek
  •  2 sendok makan garam
  •  2 sendok makan penyedap rasa
  •  6 sendok makan kecap manis
  •  6 sendok makan air asam jawa
Bumbu yang dihaluskan:
  •  12 siung bawang merah 
  •  10 siung bawang putih
  •  2 sendok makan ketumbar

 Cara membuat Ayam Bakar Bumbu Bacem

  1. Tumis bumbu halus, lengkuas, serai, serta daun salam hingga tercium bau harum.
  2.  Masukkan ayam sambil kemudian tunggu hingga berubah warna kecoklatan.
  3.  Tuangkan kecap, air asam jawa dan gula merah lalu aduk hingga merata.
  4.  Bakar ayam sambil di bolak-balik serta olesi dengan bumbu sisa diata.
  5. Sajikan ayam bakar bacem beserta lalapan lalu siap untuk disajika.
Baca juga resep ayam bakar yang tak kalah nikmatnya:

Nah... Sampai disini dulu ya bunda ulasan tentang masakan ayam bakar bacem yang simpel dan tentunya nikmat dan juga menyehatkan. Semoga bisa membatu bunda yang kebingungan saat mencari varian masakan yang baru buat hati juga buat sanak keluarga dirumah. Selain membuatnya gampang dan terbilang ekonomis bunda juga bisa menghemat pengeluaran dengan membuat makanan rumahan sendiri yang tidak kalah dari restoran ataupun kafe-kafe ternama, karena dirumahpun bunda dapat membuatnya sendiri dan menghidangkan makanan tersebut di meja makan keluarga dengan rapi, sehingga para anggota keluarga semakin semangat dan nafsu makan bertambah dan menambah suasana keakraban serta keceriaan dengan anggota keluarga. Selamat mencoba bnuda...

Resep Ayam Bakar Bacem Gurih dan Sedap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown