Tempat Resep Masakan

Rabu, 25 Maret 2015

Resep Pepes Udang Mangga Muda

Resep Pepes Udang Mangga Muda - Udang...? mungkin semua orang pasti sudah kenal yang namanya udang. Udang merupakan salah satu jenis seafood yang populer di Indonesia. Udang bisa ditemukan di berbagai perairan Indonesia, apalagi Cirebon sebagai kota pusat pembuatan terasi udang yang tersohor bahkan penjualannya sampai ke berbagai kota dan provinsi di Indonesia, pastinya udang disana banyak banget ya bun...? Akan tetapi yang saya bahas kali ini bukan masalah terasi udang, tapi cukup udangnya saja bunda. Meskipun mayoritas masyarakat banyak yang menggunakan terasi udang sebagai bahan tamabahan dalam memasak misalnya sambal, tumis, pepes, sampai buat sayurpun kadang ditambah terasi dan lain sebagainya. Sampai ada yang bilang lho kalau tidak pakai tersi rasanya hambar dan kurang mantap. hmmmmmm.... Sudah melekat dihati ya bun terasinya.
 

Sebenarnya sebagian besar masyarakat di Indonesia sudah banyak olahan yang dari udang mulai dari udang goreng, udang rebus, dan udang yang lainnya. Namun bunda pernah mendengar atau pernah makan nggak udang dipadukan dengan buah mangga muda. ya... Mangga muda buah yang selalu dicari sama bumil (ibu hamil) yang katanya kalau nyidam nyari buah mangga muda. Kini ada kreasi makanan dari udang yang dipadukan dengan mangga muda, rasa asam dan rasa segar yang keluar dari buah mangga muda dipadu dengan udang yang rasa dagingnya nikmat. Selain itu bunda kandungan gizi yang terdapat dalam udang tinggi lho, udang mengandung mineral serta berbagai vitamin yang penting untuk tubuh, serta mangga yang memiliki komponen vitamin C yang cukup bagi tubuh. Hmmmmmmmm pastinya nggak kebayang kan bunda gimana rasanya asam segar bercampur dengan daging udang yang lembut.

Resep Pepes Udang Mangga Muda

Bahan:
  • Udang segar   700 gram
  • Air jeruk lemon   1 sendok makan
  • Garam  2 sendok teh
  • Mangga muda  300 gram
  • Daun pisang  secukupnya (untuk pembungkus)
Bumbu yang dihaluskan:
  • Bawang merah 12 siung
  • Cabai merah  10 buah
  • Cabai keriting   10 buah
  • Terasi  2 sendok teh (sesuai selera)

Cara Membuat Pepes Udang Mangga Muda

Bersihkan udang dari kotoran dengan menggunakan air bersi
Lumuri udang menggunakan perasan air jeruk lemon, tunggu beberpa saat
Kemudia campurkan udang dengan mangga muda, serai, gula, dan garam aduk hingga rata
Bungkus udang menggunakan daun pisang dengan bentuk pepes, kemudian tusuk ujung pepesan menggunakan lidi agar tidak mudah rusak
Kukus udang menggunakan api berukuran sedang selama 30 menit dan berbau harum
Pepes Udang Mangga muda siap dihidangkan

Ingin coba resep lain dengan bahan seafood

Yuhuuuu......... Pepes udang mangga muda yang memiliki banyak gizi serta manfaat yang baik buat tubuh sudah siap disajikan di meja makan, yuk coba di rumah rasanya nikmat dan lezat. Buat bunda yang tisak suka dengan pedas bisa mengurangi pemakaian cabai dan sebaliknya ya bunda yang suka rasa pedas dapat menambahkan cabai yang banyak sesuai dengan kebutuhan serta bagi yang suka rasa manis bunda bisa menambahkan sedikit gula sebagai pelengkap disetiap masakan karena terkadang teste atau rasa dari setiap orang itu berbeda satu sama lain, tergantung dengan selera saja bun. Jadi bunda suka pedas ataupun tidak suka pedas itu sah-sah saja. Terus mencoba dan jangan menyerah untuk menghadirkan rasa yang lezat buat keluarga.

Resep Pepes Udang Mangga Muda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown