Tempat Resep Masakan

Rabu, 21 Januari 2015

Resep Doriyaki Jepang

Resep Doriyaki Jepang - Doriyaki merupakan makanan atau camilan semacam kue yang sangat terkenal di daerah Jepang. Jika anda sering menemani anak-anak menonton kartun doraemon di televisi pasti pernah mendengar doriyaki ini. Yah, makanan favorit doraemon adalah doriyaki ini bun. Jika bunda semakin penasaran apa itu resep doriyaki dan bagaimana cara membuatnya, nanti saya akan berbagi kepada bunda tentang resep doriyaki ini.


Bahan utama dari doriyaki ini adalah tepung terigu sebagai bahan dasar membuat kulitnya dan untuk isinya sendiri menggunakan kacang merah dan gula pasir. Namun kacang merah tersebut dibuat menjadi selai bun, sehingga akan terasa lebih lembut jika dijadikan sebagai isi doriyaki didalamnya. Di Indonesia doriyaki tersedia di reto-resto Jepang yang biasanya menyediakan, namun kalau bunda males cari resto Jepang mending buat aja sendiri di rumah, nggak lama kok bun, sebentar aja udah bisa menyajikan doriyaki si menu favorit doraemon ini hehe

Resep Membuat Doriyaki

Bahan isi :
  • Kacang merah 400 gram
  • Gula pasir 500 gram
  • Garam secukupnya
Bahan kulit :
  • Telur 6 butir
  • Gula pasir 200 gram
  • Tepung terigu protein sedang 300 gram
  • Madu 2 sendok makan
  • Air putih 80-120 ml
  • Baking powder 2/3 sendok teh

Cara Membuat Saus Kacang Merah

  1. Kacang merah dicuci sampai bersih kemudian rendam di dalam air selama satu malam.
  2. Setelah direndam semalaman kacang merah direbus sampai agak empuk dan lunak.
  3. Kemudian tambahkan garam dan juga gula pasir lalu aduk sampai rata.
  4. Terakhir rebus sampai mengental, angkat dan sisihkan.

Cara Membuat Doriyaki

  1. Pertama tepung terigu diayak kemudian taruh dalam wadah atau baskom untuk dicampur dengan baking powder, aduk sampai tercampur rata.
  2. Setelah itu tambahkan telur, gula, madu, dan juga tepung terigu kedalam baskom yang ada campuran tepung dan baking powder.
  3. Aduk adonan supaya tercampur rata, sambil dituangi dengan air sedikit demi sedikit.
  4. Setelah itu tutp baskom adonan dengan tutup plastik kemudian diamkan sekitar seperempat jam di dalam kulkas.
  5. Setelah itu siapkan teflon dan panaskan terlebih dahulu dan olesi dengan minyak goreng. Setelah itu ambil sedikit adonan yang didiamkan dalam lemari es tadi dan letakkan diatas teflon dengan diameter 10 cm, kemudian tutup dan panggang diatas api kecil.
  6. Tunggu sampai muncul gelembung-gelembung di permukaannya kemudian balikkan dan panggang lagi kulitnya sebentar lalu angkat.
  7. Lakukan pemanggangan diatas teflon sampai semua adonan kulit habis.
  8. Jika sudah selesai ambil dua kulit doriyaki, salah satunya diolesi dengan selai kacang merah yang sudah dibuat tadi, kemudian tut

Nih ada lagi resep camilan Jepang buat bunda:

Mudah bukan untuk membuat doriyaki ini? Oh ya kalau bunda bosan dengan selai kacang merah dalam membuat doriyaki, bisa diganti dengan selai buah-buahan atau lainnya menyesuaikan dengan selera bunda. Semoga bermanfaat ya bun, selamat mencoba.

Resep Doriyaki Jepang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown