Tempat Resep Masakan

Senin, 19 Januari 2015

Resep Tahu Gejrot Cirebon Sederhana

Resep Tahu Gejrot Cirebon Sederhana - Musim ujan kayak gini cocok banget kalau makan yang kuah-kuah dan naget bun, gimana kalau cobain tahu gejrot cirebon? Yah, tahu gejrot cirebon kini sudah mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia, tidak hanya di Cirebon. Rasanya yang enak, harganya terjangkau, cara membuanya yang sederhana merupakan beberapa alasan orang-orang memilih resep tahu gejrot ini untuk menjadi menu santap mereka.


Tahu gejrot mempunyai rasa yang gurih karena kuah yang digunakan untuk menyiramnya pun terbuat dari bumbu rempah-rempah pilihan yang semakin menambah citarasa yang ada. Biasanya tahu gejrot ini mudah kita jumpai di pedagang kaki lima, atau pedagang keliling sekitar rumah. Nah, kalau di daerah bunda masih jarang orang yang jualan tahu gejrot ini, nggak ada salahnya jika bunda membuat sendiri di rumah. Siapa tau malah jadi lahan bisnis kan bun kedepannya hehe

Resep Membuat Tahu Gejrot

Bahan:
  • Tahu sumedang 10 potong
  • Kecap manis secukupnya
  • Air asam jawa 2 sendok makan
  • Gula merah 15 gram, disisir halus
  • Air matang 125 ml
Bumbu:
  • Bawang merah 3 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • Cabe hijau 3 buah
  • Cabe rawit 3 buah

Cara Membuat Tahu Gejrot

  1. Rendam tahu sumedang dalam campuran air matang dan garam, rendam sekitar 20 menit supaya meresap.
  2. Setelah itu panaskan minyak dalam wajan kemudian goreng tahu yang direndam air garam tadi, goreng sampai matang lalu tiriskan.
  3. Siapkan panci untuk merebus air bersama dengan gula merah dan juga air asam jawa. Aduk hingga rata dan mendidih, kemudian angkat dan dinginkan.
  4. Kemudian tumbuk halus bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabe hijau dan cabe rawit.
  5. Setelah itu tahu yang digoreng tadi dipotong menjadi beberapa bagian lalu sajikan dipiring bersama dengan rebusan air gula merah tadi dan juga tumbukan bumbu bawang dan cabe tadi.
  6. Tahu gejrot siap untuk dihidangkan.

Tuh, sederhana banget kan bun menyajikan tahu gejrot ini? Nggak perlu belanja bahan yang mahal-mahal, karena dengan bahan dasar tahu bunda sudah bisa menyulap menjadi sajian yang nikmat. Sampai jumpa dengan resep Sarah Quin selanjutnya yaa bunda.

Resep Tahu Gejrot Cirebon Sederhana Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown