Tempat Resep Masakan

Minggu, 20 Maret 2016

Resep Cake Karamel atau Bolu Sarang Semut Bersarang

Cake karamel atau biasa disebut bolu sarang semut kebetulan saya juga suka sekali sama kue ini. Tiba tiba ingat dan pengen makan kue tradisional ala murniasri sarifudin yang satu ini. Rasa manis dan kenyalnya memang selalu buat kangen. Rasanya satu atau dua potong tidak akan cukup ketika menyantap kue yang satu ini.


Ini adalah eksekusi kedua saya untuk cake karamel meskipun hanya saya panggang menggunakan panci teflon serbaguna tapi hasilnya tetap memuaskan dan yuuummyy. Bersarang banget dan meskipun sudah dingin tetap empuk gak keras. Kalo yang beli biasanya keras namun pakai resep ini sangat lembut.

Resep Cake Karamel

  • Bahan:
  • 350 gram gula
  • 350 ml air panas
  • 5 butir telur
  • 3 sachet skm putih
  • 125 gr tepung terigu serbaguna
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 sdt soda kue
  • 100 gr margarin (lelehkan)

Cara Membuat Cake Karamel

  1. Buat karamel dengan cara panaskan gula pasir di atas wajan dengan api kecil, jangan diaduk cukup di goyang-goyangkan saja wajannya dan biarkan sampai meleleh semua. Lalu tuang air panas, aduk sampai rata dan larut semua. Matikan api dan dinginkan (sebaiknya gunakan wajan yang tebal agar karamel tidak cepat gosong karena jika karamel gosong hasil cake akan terasa pahit.
  2. Ayak terigu, baking powder dan soda kue, sisihkan.
  3. Campur telur dan susu kental manis cukup aduk dengan garpu sampai rata.
  4. Masukkan ke dalam campuran telur, tepung yang sudah diayak tadi bergantian dengan karamel sampai habis, aduk rata. Lalu tambahkan margarin cair, aduk sampai rata. Saring jika adonan masih ada yang menggerindil.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan ditaburi tepung. Panggang sampai matang. Saya panggang menggunakan panci serbaguna kurang lebih 50 menit di atas api sedang cenderung kecil.

Kalai kurang nyarang berarti masalahnya di soda kue atau baking powdernya yang mungkin sudah kurang bagus. Bisa juga ditakaran terigunya kebanyakan jadi adonan terlalu kental. Harusnya untuk adonan cake ini memang encer bunda jadi hasilnya bisa bersarang dan tekstur cakenya tidak keras. Atau mau coba cake lain yang enaknya setingkat.





Resep Cake Karamel atau Bolu Sarang Semut Bersarang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown